Artikel Pendek. Nilai menginspirasi dan memperbarui terbentuknya Norma.

Artikel Pendek. Nilai menginspirasi dan memperbarui terbentuknya Norma.

Norma adalah pedoman tentang mengatur prilaku masyarakat. Jika nilai adalah sebuah tujuan yang hendak di capai, maka norma adalah cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Norma dibagi menjadi dua yaitu norma hukum dan norma sosial. Norma hukum dapat kita lihat dengan jelas seperti peraturan perundangan-udangan dan peraturan tertulis lainnya. Kemudian norma sosial adalah norma yang tidak tertulis yang berlaku di masyarakat dan dipedomani oleh masyarakat tersebut. Norma sosial dapat berbeda-beda di setiap wilayah tergantung bagaimana kondisi sosial dan budaya daerah tersebut. Norma sosial di negara barat berbeda dengan norma sosial di negara timur. Berikut contoh norma sosial yang berlaku dalam masyarakat Indonesia:            

1. Kesopanan

Masyarakat Indonesia dangat menjunjung tinggi kesopanan seperti pemilihan dan tutur kata yang digunakan. Norma sosial ini dimaksudkan agar tidak terjadi ketersinggungan yang dapat membuat sebuah geserkan. Kesopanan juga membuat hubungan sosial menjadi rukun dan harmonis. Seluruh wilayah Indonsia sangat menjunjung tinggi sopan santun dalam berbicara dan berprilaku. 

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Norma ini mengisyaratkan agar seluruh orang untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan dan menajga kebersihan agar menciptakan lingkungan yang bersih. Jika kita mencipatakan lingkungan yang bersih maka lingkungan atau wilayah yang kita tinggali menjadi aman, nyaman, dan sehat. 

3. Hormat pada yang lebih tua

Norma ini cenderung berada pada negara dibagian timur. Norma ini mengajarkan agar yang lebih muda agar lebih hormat, menjaga tutur kata, dan respect terhadap yang lebih tua. Beberapa daerah juga mengajarkan seperti mencium tangan kepada orang yang lebih tua sebagai salam. Di Negara Indonesia biasanya ketika anak berangkat sekolah mereka akan mencium tangan orang tuanya. 

Post a Comment

0 Comments